Selasa, 13 Juli 2010

Trik Membaca Efektif

Membaca adalah salah satu ciri orang pandai. melalui membaca, Anda akan mendapatkan banyak informasi, baik yang lama maupun yang baru. Sayangnya, kebiasaan membaca di Indonesia belumlah terlalu digemari. Salah satu kendalanya adalah masalah waktu. Untuk menyiasatinya, berikut ini adalah beberapa kiat membaca yang efektif.
  • Belajar membaca cepat. Tanpa disadari, banyak porang yang memiliki kebiasaan membaca yang kurang tepat. Ya, kebiasaan-kebiasaan seperti menggerakan bibir, menunjuk tulisan, dan vokalisasi bacaan yang memperlambat Anda ketika membaca. Oleh sebab itu, ubahlah kebiasaan-kebiasaan tersebut dengan kebiasaan yang lebih positip. Contohnya, biasakanlah sering-sering membaca buku, surat kabar, atau majalah.
  • Tidak mengulang kembali kalimat yang sudah dibaca. Banyak kejadian, ketika sedang membaca, ada bagian kalimat yang kurang dimengerti. Akhirnya, Anda akan kembali membaca kalimat tersebut. Hal ini tentu tidak efektif. Oleh sebab itu, agar tidak terjadi hal seperti ini, cobalah Anda konsentrasi ketika membaca.
  • Baga tulisan dengan teratur. kadang kala, karena ingin cepat-cepat selesai membaca, Anda membaca paragraf secara tidak teratur. Hasilnya, bukan bertambah paham malah tambah bingung. untuk menyiasatinya, bacalah bacaan secara teratur paragraf per paragraf.

Tidak ada komentar: